Jalan masih panjang terbentang di hadapan, kehidupan kan terus berjalan, waktu kan terus bergerak melindas orang-orang yang terlena. Hai jiwa yang terlena, sadarlah!!! Bahwasanya kita hidup di dunia ini hanya sekali, perbanyaklah bekal tuk kehidupan kelak yang kekal abadi selamanya. Janganlah kita kalah oleh karena suatu masalah yang teramat kecil, sungguh tak ada suatu masalah yang teramat besar selain dari kita yang membesar-besarkannya, tak ada suatu masalah yang lebih ketimbang lepasnya keimanan dalam hati dan jiwa, sungguh itulah the real big problem.

Masalah kita pada hari ini sesungguhnya adalah suatu masalah yang teramat kecil, masalah kita pada masa lalu yang senantiasa menghantui diri, sungguh itu adalah suatu masalah yang sungguh-sungguh amat kecil. Namun kenapa kebanyakan diantara kita menganggap bahwa itu adalah suatu masalah yang sangat besar dan selalu menghantui dalam setiap detik waktunya.

Lantas kenapa kita menganggap hal itu sangat besar, sebenarnya kita sendirilah yang membuat suatu masalah itu menjadi sangat besar, kita terkadang terlalu mendramatisir suatu masalah hingga suatu masalah itu menjadi sangat besar dan senantiasa menghantui kita disetiap waktunya. Kadang kita lupa bahwasanya kita memiliki Sang Pemiliki Solusi.

Jadi sahabat, untuk apalah kita senantiasa berkutat dengan suatu masalah padahal kehidupan harus terus berlanjut. Buat apalah kita senantiasa dihantui suatu masalah kalau kita bisa memohon pada Allah, bahwasanya dunia beserta seluruh isinya adalah semua miliknya. Ayo sahabatku semua kita jalani kehidupan ini dengan semestinya, suatu masalah bukan untuk ditakuti apalagi di hindari tetapi untuk di hadapi dan dipecahkan karena sesungguhnya solusi itu telah nampak dihadapan kita. Allah telah memberikan panduannya berupa ayat-ayat cintaNya, namun sejauh mana kita memahami ayat-ayatNya…