Iqro…itulah kata yang pertama diperintahkan Allah kepada kekasihNya, dari sini kita bisa menggali hikmahnya. Allah saja memerintahkan kekasihNya rasul mulia untuk iqro atau membaca, apa yang harus kita baca?

Tidak hanya ayat kauliah yang tertulis indah dalam ayat-ayat cintaNya saja, namun juga ayat kauniah yang memang banyak tersebar di sekitar kita semua. Dengan membaca lingkungan maka lahirlah ilmu ekologi, dengan membaca lautan maka lahirlah ilmu oseonografi, dengan membaca tingkah laku manusia maka lahirlah ilmu psikologi, dengan membaca perilaku suatu masyarakat maka lahirlah sosiologi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kita tahu ketika Islam berjaya, itu tidak lepas dari para ilmuwan yang senantiasa terus menggali dan membaca tidak hanya membaca ayat-ayat cintaNya saja, namun juga ayat yang Allah tebarkan di seluruh penjuru muka bumi ini. Dan Allah pun sudah berjanji dalam Al Qur’an bahwa orang yang berilmu akan dinaikkan derajatnya, dengan membaca kita bisa berkeliling dunia tanpa harus beranjak dari tempat kita duduk, kita bisa tahu apa yang sebelumnya kita tidak tahu dan tentunya bisa memperluas cakrawala.

Ayolah sahabat mulai kita perbanyak baca…baca kitab-kitab Allah, baca hadist-hadistnya, baca diri kita, baca lingkungan ini agar kita semua bisa selamat, agar kita bisa mengangkat kembali kejayaan Islam ini. Wallahu’alam.