”Tersenyum ketika bertemu dengan saudara kalian adalah termasuk ibadah”. (Riwayat At-Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Al-Baihaqi)

Sudahkah kita tersenyum hari ini?

Sudahkah kita menyebarkan senyum kepada setiap saudara kita, senyum yang penuh kasih dan sayang, senyum yang penuh dengan keikhlasan tanpa diembeli oleh keinginan dipuji. Seperti hadist diatas, bahwasanya tersenyum ketika kita bertemu dengan saudara kita termasuk ibadah, namun sudahkah itu kita lakukan?

Bukan senyum penuh arti ketika seorang laki-laki kepada perempuan…kalau itu sih ceritanya akan lain, tetapi senyum yang dilandasi kecintaan kepada Allah, senyum yang akan menyejukkan sahabat dan saudara kita yang mungkin sedang ditimpa kesusahan. Ingat bukan menertawakan lho..masa orang lagi ketiban susah kok ditertawakan, itu sih ceritanya lain lagi…tapi senyum yang akan membuat sedikit masalah saudara kita terbantu, dan sedikitnya akan membuat ceria kembali.

Ingat lho menurut penelitian bahwa senyum itu merupakan obat mujarab untuk meredakan kecemasan, lho bisa??? ya bisa lha…apa sih yang tidak bisa di dunia ini…Ya karena senyum itu akan membuat wajah akan semakin menarik, kita lihat betapa selebritis akan terlihat begitu mengagumkan ketika tersenyum, atau bagi yang sudah menikah ketika baru pulang kerja lantas dalam keadaan capek berat ternyata ketika melihat sang istri tersenyum…subhanallah rasa lelah itu seakan hilang karena melihat istri dan anak-anak di rumah meyambut kedatangan suami dengan senyum penuh keikhlasan…hehehe…jadi kepengen…

Selain itu juga ternyata senyum itu juga bisa membuat orang menjadi rileks, saya ingat ketika menghadapi sidang skripsi betapa tegangnya kala itu ditambah teman-teman juga teramat sangat tegang kelihatannya. Tapi segera saja saya redam dengan senyum penuh harap kepada Allah agar diberi kemudahan dan Alhamdulillah saya bisa rileks dan tenang…bahkan teman-teman yang lain banyak yang aneh dan bertanya..”kok tenang amat kaya yang gak akan sidang aja..” ya saya jawab ikhlaskan saja dan senyumlah..karena itu akan menurunkan kadar hormon stress.

Dan yang terpenting, adalah senyum itu juga akan menyebarkan kegembiraan kepada orang-orang disekitar kita. Hal ini karena dengan tersenyum akan melepaskan senyawa endorphin sehingga membuat orang-orang di sekitar kita bahagia, selain itu senyum adalah facelift alamiah yang sangat efektif. Kalau tidak percaya, coba sahabat semua memakai muka murung dihadapan saudara-saudara kita pasti mereka akan ikut murung…

Jadi, apa ruginya sih kalau kita tersenyum sedikit kepada saudara kita…tho tidak harus bayar, malah akan membuat saudara, sahabat dan orang-orang terdekat kita akan ikut bahagia…nah kalau sudah begitu kan itu namanya ibadah karena sudah membahagiakan orang lain…ingat juga lho sedekah yang paling ringan adalah senyum. Wallahu’alam.