Bismillahirahmanirahim…Masalah, setiap manusia pasti mempunyai masalah, namun demikian permasalahan yang dihadapi oleh setiap orang itu pastinya berbeda-beda. Ada yang bermasalah karena banyak hutang, ada yang bermasalah dengan jodoh yang tak kunjung datang, ada yang bermasalah dengan pelajaran di sekolah or kampus, dan masih banyak lagi masalah yang dihadapi oleh setiap manusia.
Setiap manusia sudah barang tentu mempunyai masalah, dan tidak ada di dunia ini manusia yang tidak mempunyai masalah. Karena ketika seseorang mengucapkan “saya tidak masalah” justru itulah masalahnya. Jadi apa sih masalah ini???
Sahabat…saya tidak akan membahas apa yang namanya masalah, namun bagaimana kita menyikapi masalah itu sendiri. Akhir-akhir ini banyak sekali kita mendengar berita dari radio, atau melihatnya langsung di televisi atau membacanya di media cetak, banyak sekali orang yang mengakhiri hidupnya, hanya karena masalah ditinggal pacar…aduh kasihan banget ya tuh orang…kaya yang gak ada lagi wanita lain di dunia ini, padahalkan perbandingan antara wanita dan pria sekarang ini 1 banding 5 bung…jadi kalau baru diputus satu mah biarin aja lah…toh…dengan itu kita terhindar dari dosa-dosa ikutan pacaran tho…
Back to tema kita…jadi bagaimana sekarang menyikapi masalah ini, memang manusia akan ingat Allah kala dia ditimpa kesusahan, kala dihimpit masalah yang menderanya…namun apakah itu salah??? tidak…saya katakan demikian itu adalah tidak salah, malah bagus…dengan adanya masalah itu kita bisa lebih dekat dengan Allah, maka berbahagialah jika sahabat sedang dilanda masalah…lha..gimana ini lagi dilanda masalah berat kok bahagia…hehehehe…kalem…jangan dulu protes, maksudnya adalah ketika kita dihimpit masalah ini, maka kita akan lebih dekat dengan Allah, akan lebih intensif dalam ibadah, akan lebih sering menyebut namaNya, akan lebih banyak berdzikir lidah ini, akan lebih sering shallat malam, akan lebih besar bersedekah…
Sahabat…benar Allah menyatakan bahwasanya manusia itu akan lebih dekat dengan Allah kala dia dihimpit bencana dan masalah, namun kala bebas, kaya, sehat, kadang manusia lupa bersyukur…Ya..begitulah sifat manusia, namun begitu kita harus tetap bersyukur ketika dalam kelapangan dan semakin mendekat kepada Allah baik dikala susah dan lapang.
Sahabat, apa yang kita pikirkan ketika sedang bermasalah??? Apakah kita mencari bantuan manusia terlebih dahulu or kita langsung meminta kepada yang menciptakan manusia??? Sebuah pertanyaan yang mungkin kadang tak kita sadari, karena memang kebanyakan dari kita semua yang pertama dilakukan adalah mencari bantuan kepada manusia makanya yang timbul adalah kekecewaan yang dirasa semakin menyesakkan dada. Kalau itu memang benar maka secepatnya kita beristighfar…memohon ampunan atas semua yang telah terjadi.
Sudah selayaknya kala masalah mendera, maka tempat pelarian kita adalah Allah yang maha mengetahui setiap solusi, Allah tidak akan menimpakan suatu masalah melebihi kemampuan hambaNya. Sahabat…kala kita ada masalah, maka jadikan Allah sebagai pemecah solusi, jadikan ikhlas sebagai landasan, jadikan do’a sebagai senjata, jadikan sedekah sebagai pembuka jalan.