Jagalah hati jangan kau kotori
Jagalah hati lentera hidup ini
Jagalah hati jangan kau nodai
Jagalah hati cahaya Illahi

Bila hati kian suci
tak ada yang tersakiti
Pribadi menawan hati
dirimu disegani

Namun bila hati busuk
Pikiran jahat merasuk
Akhlak kian terpuruk
Jadi makhluk terkutuk

Demikianlah lirik sebuah nasyid yang diciptakan oleh AA Gym, sebuah lirik yang mengingatkan kepada kita semua untuk senantiasa menjaga kebersihan hati dari debu-debu dosa yang setiap hari melekat pada kaca hati. Ya hati bisa kita ibaratkan bagai sebuah cermin yang senantiasa harus kita bersihkan, karena kalau tidak maka debu-debu akan terus menempel dan menjadi karat sehingga akan susah dibersihkan, sehingga kaca itu menjadi buram dan membuat setiap orang yang berkacapun tidak akan terlihat jelas.

Sahabat, demikian pula dengan hati. Apabila kita tidak senantiasa membersihkannya setiap hari, maka yang terjadi adalah hati menjadi kotor, keruh dan buta sehingga tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Rasul pun sudah mengingatkan kita semua dalam sebuah hadistnya Rasulullah SAW bersabda, “Ingatlah, dalam tubuh manusia itu ada segumpal daging. Kalau segumpal daging itu baik, maka akan baiklah seluruh tubuhnya. Tetapi, bila rusak, niscaya akan rusak pula seluruh tubuhnya. Segumpal daging itu bernama qolbu!” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi sudah jelas, ketika hati kita rusak maka akan rusak pula seluruh aktivitas yang dilakukan oleh tubuh ini. Hati ibarat raja dalam sebuah kerajaan, jika rajanya arif bijaksana serta profesional maka rakyat akan aman sejahtera serta berkeadilan. Namun jika rajanya rusak, jahat maka rakyatnya akan sengsara. Maka dari itu sahabat semua marilah kita jaga dan rawat hati ini, agar senantiasa bersih agar perilaku dan akhlaq kita pun akan baik seperti lirik syair nasyid di atas bila hati suci maka pribadi akan menawan, namun jika hati busuk maka akhlaq terpuruk kita jadi makhluk terkutuk…Naudzubillahimindzalik.

Walaupun tidak mudah, namun kalau kita terus berusaha istiqomah untuk menjaga hal itu…Insya Allah, Allah akan senantiasa membantu hamba-hambaNya untuk. Maka berusahalah sekuat tenaga sahabat untuk menjaga hati ini, kalaupun hati ini terserang virus merah jambu, maka cepat-cepatlah kita servis agar tidak terlena dan rusak oleh aplikasi maksiat.exe, berilah antivirus yang sangat ampuh dan teruslah up date antivirus itu dengan cara terus mendekatkan diri kepada yang maha mempunyai antivirusnya.

Marilah kita semua berlindung kepada yang Maha Mebolak-balikkan hati, agar hati ini bisa terjaga dan senantiasa istiqomah untuk membersihkan debu-debu dosa sekecil apapun itu…karena ada pepatah sedikit-sedikit menjadi gunung. Ingat tidak ada dosa kecil jika terus di tumpuk, namun tidak ada dosa besar jika terus dikikis dan dibersihkan dengan vacum cleaner cap Istighfar…Wallahu’alam.